Evaluasi Kinerja Dukcapil Nasional, Sumbar Raih Predikat Terbaik

    Evaluasi Kinerja Dukcapil Nasional, Sumbar Raih Predikat Terbaik

    SUMBAR, - Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih level 4 (terbaik) berdasarakan hasil evaluasi kinerja Dinas Dukcapil yang difinalisasi oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri pada 31 Maret lalu.

    Perolehan Predikat terbaik bagi Sumbar dalam evaluasi Ditjen Dukcapil ini berhasil diraih setelah melalui pengukuran atas 10 indikator capaian kinerja, yaitu perekaman KTP-el 99.3%, kepemilikan KIA 40%, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan, Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada 18 dokumen, layanan administrasi kependudukan secara online, pelayanan terintegrasi, kepemilikan akta kelahiran 97%, perjanjian kerjasama (PKS), serta akses pemanfaatan data dan penggunaan buku pokok pemakaman.

    Berdasarakan hasil penilaian tersebut, Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakhrulloh memberikan apresiasi nya atas capaian Sumatera Barat yang berhasil berada di level 4.

    "Saya apresiasi kinerja Provinsi Sumatera Barat, Lampung, Jawa Timur dan Kalimantan Timur, yang sudah berhasil berada di level ke-4, level terbaik, Ayo kita lebih semangat meningkatkan layanan bagi masyarakat, " ujar Zudan Arif.

    Diketahui dari hasil levelisasi hingga 31 Maret lalu itu, sebagaimana yang telah disampaikan Zudan, baru empat provinsi yang sukses memperoleh Predikat level 4. Sementara di level 3 (baik), terdapat 22 provinsi, dan 8 provinsi lainnya masih berada di level 2 (buruk).

    Direktur Pendaftaran Penduduk, David Yama selaku penanggung jawab levelisasi tersebut mengatakan, proses ini penting dilakukan untuk mengukur pencapaian dalam pembinaan kependudukan dan pencatatan sipil di daerah.

    "Melalui levelisasi kita dapat mengukur capaian kluster-kluster dalam membina Disdukcapil daerah, seperti penerapan strategi-strategi perekaman KTP-el atau kepemilikan KIA, " kata Yama.

    Selain itu, menurut Yama monitoring dan evaluasi capaian melalui levelisasi penilaian kinerja ini juga selaras dengan arah Mendagri Tito Karnavian, untuk terus melakukan peningkatan dalam pemberian layanan terbaik bagi masyarakat. (**)

    Afrizal

    Afrizal

    Artikel Sebelumnya

    Segera Disidangkan, Kasus Korupsi Penggantian...

    Artikel Berikutnya

    BNI Kantor Cabang Bukittinggi Serahkan CSR...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Pemungutan Suara di TPS Khusus Lapas Kelas II B Laing Solok Berjalan Aman dan Lancar
    Hidayat Kampai: Nepo Baby, Privilege yang Jadi Tumpuan Kebijakan Publik?
    Pemerintah Indonesia Berhasil Menaikkan Pajak dan Menurunkan Subsidi, Menteri Keuangan Terbaiknya di Mana?

    Ikuti Kami